Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Move Room

Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Move Room
Kamis, 01 Oktober 2020
Front Office
Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Move Room
Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Move Room

Hai teman-teman, jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Sequence of Service Langkah-langkah Mengantar Tamu Check In, pada artikel kali ini saya akan memberikan Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Move Room. Yuk langsung saja ke langkah-langkahnya!


Department/Section : Front Office/Bell Service
Perlengkapan : Luggage tag, trolley
Tahapan kerja :
  1. Menerima informasi/tugas room move dari room controller. Catat detail penting seperti nomor kamar lama, nomor kamar baru, dan apakah tamu sudah membawa kunci kamar yang baru atau belum.
  2. Jika tamu belum membawa kunci kamar baru, ambil kunci kamar baru di room controller atau bisa juga di Front Desk.
  3. Cek terlebih dahulu nama tamu yang kamarnya akan dipindahkan, jika sudah bawa trolley dan berangkat menuju kamar lama tamu.
  4. Ketuk pintu kamar sebanyak 3 kali. Kemudian reconfirm ke tamu bahwa ia meminta move room. Jelaskan bahwa kita akan membantu dia dalam memindahkan barang-barangnya ke kamar yang baru.
  5. Pastikan semua barang tamu sudah di-pack dan tidak ada yang terbuka. Hitung di depan tamu mengenai jumlah barang-barangnya. Pastikan ke tamu bahwa sudah lengkap dan tidak ada yang tertinggal.
  6. Jika sudah lengkap, berikan kunci baru ke tamu dan ambil kunci kamar lama.
  7. Antar menuju kamar barunya.
  8. Jika sudah sampai di depan kamar baru, persilahkan tamu duluan masuk.
  9. Masukkan barang tamu dan letakkan di dalam lemari
  10. Jika semua barang sudah masuk ke kamar tamu yang baru, minta tamu untuk mengecek sekali lagi jumlah barangnya apakah sudah lengkap atau belum.
  11. Tanyakan apakah ada pertanyaan yang tamu miliki, jika tidak tutup dengan mengatakan; “Hope you enjoy your new room, my name is Aditya and Good Afternoon.”
  12. Keluar dan tutup pintu kamar dengan sopan.
  13. Setelah kembali ke bell desk, catat kegiatan tadi di bellboy errand sheet.
  14. Laporkan ke room controller bahwa room move sudah selesai dilakukan.

Itu tadi sequence of service atau tahapan kerja dalam menangani tamu move room di hotel oleh bellboy. Semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan like dan share ke sosial media atau temanmu. Silahkan baca artikel lainnya di blog kami untuk menambah wawasan kamu juga!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel